Rabu, 24 Juni 2015

Budaya Madura


Madura merupakan salah satu pulau terbesar di Indonesia dan mempunyai ras suku yang khas, Madura terletak di pulau jawa yakni di Provinsi Jawa Timur. Bicara pulau Madura hampa rasanya pabila anda tidak membaca postingan saya ini.
Madura mempunyai 4 kabupaten yakni : Bangkalan, Sampang, Pamekasan dan Sumenep.
Asli saya dari Sumenep bukan dari madura, Madura itu nama pulaunya, jadi anda jangan salah berpresepsi salah. Ok, langsung saja saya akan menceritakan kota kelahiran yaitu Sumenep yang mempunyai slogan SUPER MANTAB. Maksudnya, Semakin mantab untuk kedepannya..
Di Sumenep berbagai macam budaya yang bisa anda ketahui, Misalnya :

- Kerapan Sapi

Kerapan sapi merupakan Ciri khas Budaya Madura. Merupakan pesta rakyat dan turun menurun hingga saat ini. Yang bertujuan untuk mengangkat harkat dan martabat masyarakat madura.





- Pantai Lombang

Pantai Lombang adalah salah satu pantai asri yang berada di Kabupaten Sumenep tepatnya di daerah batang-batang ujung timur sekitar 25 km dari pusat kota. Kelebihan pantai ini terdapat tumbuhan cemara udang yang hanya ada 2 di Dunia yang disekitar pantai terdapat banyak tumbuhan Cemara Udang. 





- Masjid Agung

Masjid jamik atau yang disebut juga masjid Agung Sumenep adalah 10 masjid Nusantara yang bersifat alami dan tertua. Letak masjid ini terletak dipusat kota di sebelah barat pendopo dan alun alun Sumenep.



- Astatinggi

Astatinggi adalah Tempat dimana makam makam raja yang ada di Kabupaten Sumenep dari masa ke masa. Sebelum jayanya kota Sumenep hingga sekarang. Dan tempat ini biasanya banyak dikunjungi oleh masyarakat untuk mendoakan jasa jasa Raja di Sumenep.



-  Pulau Gili Labak


Gili Labak merupakan salah satu dari beberapa pantai disumenep yang terkenal dengan trumbu karangnya dan air yang jernih dan pasir yang putih, selain itu ada juga pantai Giliyang yang dikenal salah satu pulau kandungan oksigen terbaik di dunia. Dan mantan Presiden SBY pun pernah berkunjung kemari.




Itulah beberapa wisata dan budaya yang sangat terkenal di Kabupaten Sumenep. Namun, Masih banyak budaya yang masih belum saya jelaskan termasuk ciri khas kuliner Madura yaitu Sate Madura dan beberapa Kuliner lainnya.















Tidak ada komentar:

Posting Komentar